Kukuhkan Pengurus Asosiasi Penghulu Kemenag : Jaga Martabat Profesi

0
275
Kepala Kemenag Kab. Majene Adnan Nota didampingi Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Majene Hayim dalam acara foto bersama Pengurus Cabang APRI Kab. Majene masa bakti 2020-2024. (FT/MH)

Kepala Kementerian Agama Majene mengukuhkan Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Majene masa bakti 2020-2024 dengan mengusung tema “Eksistensi APRI dalam membangun profesionalisme penghulu yang berintegritas dan berkompotensi”. Dilaksanakan di ruang rapat Kantor Urusan Agama Kec. Banggae Timur, Kamis 4 Maret 2021.

 

Kepala Seksi Bimas Islam Hasyim mengucapkan selamat kepada Pengurus Cabang APRI yang baru saja dilantik. Hasyim menyampaikan bahwa pengurus APRI harus profesional karna ini akan menjadi perhimpunan bagi para Penghulu dalam mengarahkan tupoksi Penghulu. Untuk itu, beliau meminta penghulu untuk selalu menjaga kode etik profesi, di antaranya menjaga marwah Kemenag dan kehormatan profesi sebagai seorang penghulu. “Pelantikan ini menandakan bahwa kita harus bekerja secara teratur, organisasi APRI ini akan menjadi evaluasi kita, perhimpunan kita dalam mengarahkan tugas-tugas kita sebagai penghulu. Jadi saya mohon sikap dan perilaku kita dijaga baik bersama, mari kita melaksanakan tugas kita sebaik-baiknya. Karna sekarang ini kita dituntut bekerja secara profesional”.

Lanjut, Hasyim menyampaikan ada dua kegiatan yang dihapus di dalam perancangan DIPA yaitu lomba KUA teladan dan lomba karya tulis ilmiah (LKTI). “Kedua kegiatan ini memang ditujukan kepada Penghulu, tetapi tahun ini dihapus dan dananya akan dialihkan untuk pembinaan skill Penghulu. Rencananya akan diadakan Study Banding”.

 

Kepala Kantor Kementerian Agama Majene Adnan Nota menginstruksikan Pengurus Cabang APRI yang baru saja dikukuhkan agar bekerja secara optimal. “Tuntutan masyarakat itu jauh lebih tinggi dibandingkan kemampuan kita dalam merespon kebutuhan mereka. Kebutuhan bahkan ekspektasi masyarakat kepada kita terlalu tinggi dibandingkan kesiapan kita untuk menghadapi itu. Maka kita harus berubah dan menyesuaikan, tidak boleh larut dalam pencapaian yang telah diraih”, ucapnya.

Diakhir sambutannya Adnan mengucapkan selamat kepada Pengurus Cabang yang dikukuhkan hari ini. “Selamat kepada semuanya, mari kita berkomitmen bekrjasama, APRI harus menjadi gerbong kemajuan bagi Kab. Majene terkhusus dalam hal pelayanan keagamaan”, tangkasnya. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here