Muhammad Jufri : Majene Menuju Tuntas BBAQ

0
417
Kasi Madrasah Kemenag. Majene Muhammad Jufri saat pelaksanaan tes BBAQ di SMPN 2 Majene. Rabu, 8/8/2018.
Kasi Madrasah Kemenag. Majene Muhammad Jufr bersama tim penguki BBAQ, Penyuluh PAI dan guru PAI saat pelaksanaan tes BBAQ di SMPN 2 Majene. Rabu, 8/8/2018.

Majene Inmas–.  Gerakan Tuntas Baca Alquran salah satu program unggulan Kementerian Agama Kabupaten Majene yang sampai saat ini secara kontinyu dilakukan. Olehnya itu Kemenag kab. Majene kembali melaksanakan tes Baca Alquran di setiap sekolah dan madrasah dari semua tingkatan.  Kali ini dilaksanakan di SMPN 2 Majene dan bebrapa sekolah dan Madrasah  lainnya, Rabu/8/2018.

Kegiatan ini melibatkan Tim BBAQ Kemenag Majene dengan  menggandeng Penyuluh agama dan Guru PAI. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat penuntasan Buta baca Alquran yang di targetkan 2019 peserta didik di semua tingkatan dalam wilayah Kabupaten Majene Tuntas baca Alquran.

Ketua TIM BBAQ yang juga Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Majene Muhammad Jufri diselah-selah kesibukanya melakukan tes BBAQ  menyampaikan bahwa Tes BBAQ kali ini menyasar Siswa kelas V dan VI (SD/MI), VIII dan IX (SLTP/Tsanawiah) serta XI dan XII ( SLTA/MA)  setelah sebelumnya di adakan tes. Hal ini untuk mengevaluasi dan menyisir kembali yang dianggap belum lancar dengan harapan tahun ini semua sudah tuntas. Dengan demikian ungkap beliau tuntas BBAQ 2019 dapat tercapai.

Dalam kesempatan tersebut  H. Hasri Hanapi salah satu penguji tim BBAQ  mengatakan bahwa selama program ini berjalan (kurang lebih 3 tahun) menujukkan progres yang cukup baik, hal ini terlihat pada  kesadaran dan motivasi anak untuk mempelajari Alquran semakin meningkat. Pada awal kegiatan kata beliau masih banyak anak yang belum lancar bahkan  masih ada yang di nyatakan buta baca Alquran namun saat ini hampir tidak ditemukan lagi siswa yang buta Baca .

Hal ini ungkap Hasri merupakan wujud kerjasama antara guru dan orang tua siswa yang tidak henti-hentinya memberikan bimbingan kepada anak-anaknya.

Lanjut H. Hasri Hanafi berpesan agar orang tua dan guru untuk tidak bosan-bosannya memberikan motivasi bahkan membimbing untuk senantiasan mempelajari dan mendalami Alquran sebagai seorang muslim.

Hj. Dahniar guru PAI SMPN 2 Majene mengapresiasi kegiatan BBAQ ini karena sangat memotivasi siswa untuk terus belajar membaca Alquran.  Selama program ini berjalam ucap Dahniar khusus untuk SMPN 2 Majene progres kemampuan anak dalam membaca Alquran mengalami peningkatan sampai 70 Persen.

Olehnya itu Dahniar sangat berterima kasih karena dengan adanya perogram ini,  beliau berharap agar tes BBAQ ini bukan hanya persemester bahkan bila di mungkinkan dilaksanakan setiap  triwulan. (Achmad Dondang).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here