Kasubdit Perpustakaan Islam Kemenag RI Kembangkan Literasi Keislaman dengan mengunjungi situs Keagamaan di Sulbar

0
588
Kasubit Perpustakaan Islam H, Kusmidar, S. Pd, MM bersama Drs. H. Sukri Mondang Binsyar Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov, Sulbar, di dampingi Binsyar Kemenag Majene Ismu Faqih, S. Ag, Ka. KUA Kec. Banggae H. Muh. Syahid, S. Ag dan Abd. Rajab Penyuluh Fungsional KUA Kec. Banggae Kab. Majene . saat meneliti Alquran yang berusian ratusan tahun dan dituli dengan tangan dengan memakai tinta kayu di Mesjid KH. Syekh Abdul Mannan, Salabose, 11/12/2018. (ft. AH).

Majene (Inmas Majene) –.Dalam rangka mengembangkan literasi Keislaman sekaligus melengkapi koleksi  Literasi Perpustakaan Islam, Dirjen Bimas Islam,  Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan syariah, melalui Kasubdit Perpustakaan Islam, H, Kusmidar, S. Pd, MM  bersama Drs. H. Sukri Mondang  Binsyar Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov, Sulbar, di dampingi Binsyar Kemenag Majene Ismu Faqih, S. Ag, Ka. KUA Kec. Banggae H. Muh. Syahid, S. Ag dan Abd. Rajab, Penyuluh Fungsional KUA Kec. Banggae Kab. Majene kemarin (11/12) lakukan kunjungan Kerja di beberapa tempat bersejarah dan menjadi Situs Keagamaan, dalam wilayah Kab. Majene dan Polewali Mandar, Prov. Sulawesi Barat, 12/12/2018.

Kusmindar, pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kunjungan ini dimaksudkan untuk Memberikan pemahaman tentang literasi keislaman dengan harapan    minat baca masyarakat khususnya  bacaan keislaman bisa lebih baik. Olehnya itu  untuk memperkaya literatur kepustakaan Islam, Direktorat Urais dan Pembinaan syariah melalui pengelola perpustakaan Islam melakukan pendalaman dan penelitian serta menggali isi yang terkandung dalam situs-situs  Keislaman yang sudah ada, di kembangkan menjadi karya tulis lalu di sampaikan secara merata kemasyarakat termasuk situs keagamaan yang ada di Sulawesi Barat, ungkapnya.

Dikatakan, situs keislaman adalah peninggalan bersejarah yang berisikan jejak-jejak perjuangan para ulama dalam penyiaran dan  pengembangan  agama Islam, baik berupa bangunan Mesjid, makam,  karya tulis, dan karya seni lainnya yang  bernuansa Keislaman,Jelas Kusmindar.

Pada kesempatan tersebut Kasubdit Perpustakaan Keislaman mengunjungi tempat  yang sebut kampung Salabose, terletak di Keluarahan Pangali-Ali, Kec. Banggae Kab. Majene, Prov. Sulawesi Barat  yang merupakan salah satu jejak penyiaran Islam di tanah Mandar,  oleh KH. Syekh Abdul Mannan pada abad ke 16. Hal ini dapat di ketahui dari sebuah Mesjid Kuno yakni Mesjid KH. Syekh Abdul Manan dan masih berdiri kokoh di puncak gunung Salabose, didalam mesjid tersebut dapat ditemukan sebuah  Alquran yang ditulis dengan tangan, memakai tinta kayu, di perkirakan berusia ratusan tahun serta makam yang masih sering disiarahi oleh masyarakat.

Usai mengunjungi situs  Keagamaan yang ada di Kab. Majene Kusmindar dan rombongan melanjutkan mensiarahi makam Imam Lapeo di Campalagian Kab. Polman.

Penulis : Achmad Dondang

Editor   : Ismu Faqih

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here