Himbauan dan Seruan Bersama Menghadapi Bulan Suci Ramadhan 1439 H/2018 M Kabupaten Majene

0
420
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majene H. Adnan Nota saat rapat Koordinasi Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 M/2018 H. (ft. Mh)
Wakil Bupati Majene, H. Lukman, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majene H. Adnan Nota dan Dandim 1401 Majene Abd. Rahman  saat rapat Koordinasi Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1439 M/2018 H. (ft. Mh)

Majene Inmas–. Memasuki Bulan Suci Ramadhan 1439 H/2018 M Pemerintah Kabupaten Majene bersama Kantor Kementerian Agama, Ketua MUI serta Ketua Dewan Mesjid Kab. Majene gelar rapat koordinasi untuk menyamakan persepsi terkait himbauan dan seruan bersama menyambut bulan suci ramadhan sehingga ibadah amaliah dapat dilaksanakan dengan baik, kegiatan ini di selenggarakan di aula Kemenag. Majene, Rabu, 16/5/2018.

Wakil Bupati Majene H. Lukman dalam sambutannya menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi Kantor Kementerian Agama sebagai leding sektor di bidang keagamaan  yang telah menggagas pertemuan ini karena pada tahun-tahun sebelumnya Pemda yang menyelenggarakan kegiatan seperti ini.  olehnya itu mewakili pemerintah Kabupaten Majene mengucapkan terima kasih Kepada Kantor Kementerian Agama Khususnya kepala Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Majene H. Adnan Nota yang selama kepemimpinannya telah banyak memberikan sumbangsih dan Pemikiran  khususnya bagi kemaslahatan ummat.

Lanjut  H. Lukman  berharap agar semua Stakeholder berkolaborasi dan saling beker jasama serta menyatukan persepsi sehingga hasil dari pertemuan kita hari ini dapat memberikan konstribusi yang menciptakan ketenangan dan ketentraman, sehingga kaum muslim dapat menjalankan amaliyah ramadhan dengan baik dan non muslim tidak terganngu dengan pelaksanaan ibadah tersebut.

Sementara itu H. Adnan Nota Kepala Kementerian Agama Kab. Majene dalam kesempatan tersebut membacakan bebarapa seruan dan himbauan yang terkait dengan pelaksanaan kegitan di bulan suci Ramadhan. Beliau menghimbau kepada semua  kaum muslimin agar dapat mengikuti seruan dan himbauan yang disepakati karena tujuannya adalah untuk memberikan jaminan ketertiban dan ketenangan dalam menjalankan ibadah puasa.

Rakor tersebut dihadiri oleh Wakil bupati Majene, Polres Majene, Dandin 1401 Majene, yang Kepala BMG Majene, jajaran Kesra Majene, Unsur Humas Setda Majene, Kasubbag TU kemenag Majene, Penyelenggara syariah Kemenag Majene Ka. KUA Kec. Banggae dan Banggae Timur,  Ketua PD DMII Majene, Ketua BKPRMI Majene, Ketua PC NU Kab. Majene. Ketua PD Muhammadiyah , Ketua Pengurus Masjid Agung Ilaikal Masir, Masjid Raya Raudatul Abidin Saleppa, Pengurus Masjid Besar Baiturrahman Pangali-ali dan Mesjid Besar Nurul Abrar Labuang.

Hasil dari rakor, diantaranya imbauan melakukan Penyeragaman waktu berbuka dan imsak di setiap mesjid dengan rujukan waktu BMKG Majene,  penggunaan sound Sistem pada waktu-waktu tertentu termasuk pelaksanaan Tadarrus Alquran di Mesjid dan Musallah dengan menggunakan pengeras suara maksimal sampai jam 22.00, Tidak membunyikan petasan dan menjaga keamanan, kenyamanan serta kekhusuan dalam menjalankan ibadah puasa, Senantiasa memperhatikan waktu,  etika agama dan kearifan lokal dalam membangunkan sahur, Menjadikan Mesjid Agung Ilaikal Masir, Mesjid Besar Baiturrahman Pangali-ali dan Radio Mammis FM (Pemkab Majene) sebagai pedoman untuk berbuka dan Imsak.

Himbauan dan seruan bersama ini akan didistribusikan ke masing-masing kecamatan, Mesjid dan Musallah dalam Wilayah Kabupaten Majene. (Achmad)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here