Bidang Pakis gelar silaturrahmi dan persiapan Perkemahan Rohis 2018

0
450
Silaturrahmi dan Bimbingan tekhnis pemberangkatan Pesrta Rohis nasional 2018 ke III, dilaksanakan di resti Zepani pantai dato Majene, 18/10/2018.
Silaturrahmi dan Bimbingan tekhnis pemberangkatan Pesrta Rohis nasional 2018 ke III, dilaksanakan di resti Zepani pantai dato Majene, 18/10/2018.

Majene (Inmas Majene) –. Sehubungan dengan semakin dekatnya pelaksanaan Perkemahan Rohani Islam (Rohis) Nasional 2018  ke III tingkat SMA/SMKdi Bangkal Belitung, Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kanwil (Kemenag) Prov. Sulbar,  menggelar silaturrahmi  persiapan pelaksanaan Perkemahan Rohis 2018, diselenggarakan di Resto Zepani, pantai Dato Majene. Kamis, 18/10/2018.

Kegiatan  tersebut  disamping dihadiri oleh Ka. Kantor  (Kemenag)  Majene H. Adnan Nota, Kabid Pakis Kanwil (Kemenag) Prov. Sulbar H. Ahmad Barangbangy juga dihadiri Kasi PAI Menengah Kanwil prov. Sulbar, H. Muhajir, Kasi PAI Kemenag. Majene, Hasbi, guru pendamping serta  puluhan peserta  Rohis yang akan mewakili Sulbar dalam Perkemahan Rohis di Bangkal Belitung

Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan (Pakis) Kanwil (Kemenag) Prov. Sulbar, H. Ahmad Barambangy, S. Ag, MA,  diawal arahannya menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT karena dipertemukan di tempat ini untuk bersilaturrahmi dengan para peserta perkemahan rohis dan pendampingnya apalagi ditempatkan di pantai Dato  dengan keindahannya semoga membuka cakrawala berpikir kita bahwa Indonesia itu luas, besar dan indah olehnya itu kita berbangga menjadi bangsa Indonesia, ungkap beliau.

Ahmad Barambangy dalam kesempatan tersebut berharap agar peserta dan guru pendamping memamfaatkan momen perkemahan rohis dengan sebaik-baiknya, karena ribuan siswa SMA/SMK berkeinginan mengikuti kegiatan ini, apalagi dilaksanakan di Bangkal Belitung  tidak mendapatkan kesempatan,  adik-adik yang hadir ditempat inilah yang  terpilih menjadi duta provinsi Sulawesi Barat, olehnya itu jadikanlah sebagai momentum untuk menambah wawasan dan  pengalaman untuk bekal dimasa depan, demikian pula kepada guru pendamping kata Ahmad Barambangy agar  pro aktif mencari informasi baru khususnya terkait pendidikan dan pengembangan kompotensi siswa yang dapat di terapkan di Sulawesi Barat, tegas beliau.

Dikatakan, Perkemahan Rohis ini sesungguhnya adalah wadah untuk menjalin hubungan silaturrahmi dan bertukar pengalaman antar pelajar yang didalamnya dirangkai beberapa kegiatan termasuk lomba,  para peserta diharapkan untuk mempersiapkan fisik dan mental disamping kesiapan-kesiapan lainnya, ungkap Ahmad Barambangy.

Disampaikan, kepada siswa/siswi peserta rohis agar senentiasa memegang semboyang “Mandar Malabiq” yakni malu untuk melakukan hal yang buruk sebaliknya berani menampilkan yang baik dan mempunyai mental juara sehingga target di semua cabang lomba, peserta dapat memberikan yang terbaik untuk mengharumkan nama Sulbar, harap beliau.

Diakhir arahannya beliau berpesan untuk senantiasa menjaga kebersamaan dan kekompakan sebagai team work, dapat menjalankan tugas sebagai duta Sulbar dengan baik dan kembali  dengan selamat, harap beliau.

Sementara Kepala Kantor (Kemenag) Majene H. Adnan Nota menyampaikan bahwa perkemahan rohis adalah kegiatan keagamaan  yang secara rutin dilaksanakan sekali dalam dua tahun sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap prestasi yang telah diraih sekaligus sebagai ajang pembuktian bahwa prestasi tersebut mendapat pengakuan secara nasional, olehnya itu,  beliau meminta  kepada semua unsur yang terlibat dalam pembinaan rohis agar menunjukkan kemotmen dalam melakukan  pembinaan secara terencana dan  berkesinambungan, sehingga menghasilkan generasi yang mampu tampil dan bersaing di pentas nasional, harap Adnan.

Lebih jauh dijelaskan bahwa pembinaan Rohis ini  diselenggarakan untuk memberikan motivasi dan meningkatkan kreativitas siswa  dalam rangka mengembangkan syiar Islam serta  meningkatkan ketakwaan dan kecintaan kepada allah SWT dan Rasulnya, tegas beliau.

Sebelumnya, Munir selaku Ketua panitia melaporkan bahwa perkemahan Rohis Nasional ke III akan diselenggarakan di Bangkal Belitung selama lima hari yakni     (5 s/d 10/11) diikuti 24 siswa dari tiga  kepengurusan Rohis yakni, SMA 1 Majene sebanyak 5 orang, SMK Negeri 1 Rangas mamuju sebanyak 5 orang, SMA Negeri 1 Pamboang 6 orang dan SMK Ma’rif Husnul kahatimah Polewali Mandar sebanyak 8 orang yang diikuti  18 orang pendamping, ungkap Munir.

Penulis ; Achmad Dondang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here