AKMI akan Kembali Digelar, Majene dapat 1 Tambahan Jatah Tahun ini

0
85
Pelaksanaan Apel pagi di Halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majene diikuti oleh Pejabat dan ASN Kantor Kementerian Agama Kab. Majene.
Majene – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majene melaksanakan Apel Pagi seperti biasanya. Ketua Pokjawas, Muhammad Darwis bertindak sebagai Pembina Apel. Dilaksanakan di Halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majene, Rabu (31/8).
 
Beliau menyampaikan bahwa Kemenag tahun ini kembali menggelar Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI), “Setelah ANBK disemua jenjang telah selesai, maka akan ada pelaksanaan AKMI lagi”, ucapnya.

Pelaksaan Apel Pagi, Ketua Pokjawas Muhammad Darwis bertindak sebagai Pembina Apel, Rabu (31/8) – (HM)

AKMI kali pertama dilaksanakan pada tahun 2021 dengan peserta dari jenjang MI saja khusus di Kab. Majene. Namun, tahun ini akan digelar dengan peserta dari jenjang MI dan MTs. “Khusus Kab. Majene tahun ini akan melaksanakan AKMI dari jenjang MI dan MTs saja. Pesertanya dari MI yang ikut tahun lalu dan tambahan jatah yakni MTs DDI Majene. Semoga ke depannya bisa nambah banyak lagi”, tangkasnya.

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh murid madrasah jenjang MI, MTs dan MA sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat.

AKMI merupakan asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

Asesmen ini juga merupakan upaya Kemenag membantu peserta didik untuk tumbuh menjadi manusia sehat, cerdas dan akan membawa kesejahteraan bangsa.

Penyampaian dari Pokjawas pada apel pagi ini ditutup dengan membaca do’a bersama agar seluruh kegiatan pada hari ini dilancarkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here