25 Pasang Catin Ikuti BIMWIN Angkatan 1

0
706
Kepala Kantor Kemenag Majene Dr. H. Adnan Nota, M.A didampingi Kepala Seksi Kemenag Majene Dr. H. Hasyim, Lc, M.Ag dan Kepala KUA Banggae Timur H. M. Syahid, S. Ag di Kampus STAI DDI Majene, Kamis 25 Februari 2021 (FT DRA)
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majene melalui seksi Bimas Islam menggelar kegiatan Bimbingan Perkawinan Pranikah Calon Pengantin Angkatan 1 Tahun 2021 di Kampus STAI DDI Majene, Kamis 25 Februari, jelas Ketua Panitia Rahmatiah S.
Lanjut Rahmatia , adapun peserta kegiatan bimbingan tersebut sebanyak 25 pasang atau 50 orang terdiri dari 11 Pasang dari Kecamatan Banggae Timur, 10 Pasang dari Kecamatan Banggae, Kecamatan Pamboang 2 Pasang dan Kecamatan Sendana sebanyak 2 Pasang Program bimbingan perkawinan bagi calon pengantin ini adalah wujud nyata kesungguhan Kementerian Agama dalam memastikan pembangunan bangsa melalui keharmonisan perkawinan yang ideal.
Materi yang disampaikan pada hari pertama ini adalah : Kebijakan Kementerian Agama dalam Pembinaan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin, Perkenalan, Pengutaraan Harapan dan Kontrak Belajar, Menjaga Kesehatan Reproduksi dan Mempersiapkan Keluarga Sakinah.
Peserta Bimbingan Perkawinan Pranikah Calon Pengantin Angkatan 1 Tahun 2021 Seksi Bimas Islam di Kampus STAI DDI Majene. Kamis 25 Februari 2021. – (FT/DRA)

Tujuan dan sasaran kegiatan bimbingan perkawinan pra nikah bagi calon pengantin ini adalah untuk memberikan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan kepada peserta Catin sebagai upaya mewujudkan keluarga Sakinah Mawaddah wa Rahmah sehingga nantinya dapat mengurangi angka perselisihan, perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga.

“Ketika sebuah keluarga tidak membuahkan kebahagiaan, maka itu petaka awal dalam sebuah masyarakat. Jika terjadi petaka dalam masyarakat maka itu adalah awal malapetaka dalam hidup berbangsa dan bernegara. Oleh sebab itu, para Catin harus diberikan bekal untuk membina sebuah keluarga yang Sakinah Mawaddah wa Rahmah”. Tutur Kepala Kantor Kemenag Majene H. Adnan Nota dalam pembukaannya.

Dalam sambutan Kepala Seksi Bimas Islam H. Hasyim pula mengatakan “Inilah tujuannya kenapa kegiatan ini diadakan, agar yang ingin menikah bisa tahu apa itu yang namanya keluarga Sakinah Mawaddah wa Rahmah, bagaimana caranya bisa menyatukan dua insan yang berbeda. Juga mempersiapkan diri agar terhindar dari problema perkawinan yang umum terjadi, serta meningkatkan kemampuan mewujudkan keluarga sakinah”.

Kegiatan Bimwin ini selain menghadirkan narasumber dari Kantor Kemenag juga dari menghadirkan dari bidang Kesehatan. Pre-test juga diberikan  untuk mengukur pengetahuan awal Catin sebelum mendapat materi dan  mengetahui peningkatan pengetahuan mereka mengenai materi Bimwin yang diberikan. – (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here